Jumat, 13 Maret 2015

SKRIPSI OH SKRIPSI...




Memasuki semester akhir, hal yang paling sensitif dibincangkan adalah skripsi.
“Lo udah punya judul belom?”
“belom euy.. bingung gue.. Kata kakak kelas jangan sembarangan, soalnya kita nanti ditanya pas ngajuin judul.”
“Lo tentang apa?”
“Bingung gue, mau linguistik, apa pengajaran, apa dong yaaa.. arrrrgghh!!”
“Mau tentang strategi pengajaran, nanti dapet dospemnya yang itu.. ga mau ah gue..”
“Mau tentang linguistik, gue ga sukaaaa!”
“apaan sih skripsi? Makhluk apa dia?”

Yaa begitulah beberapa ungkapan para mahasiswa tingkat akhir (termasuk aku). Apalagi ketika detik-detik pengajuan judul sudah di depan mata deg-degannya lebih lebih wow dibandingkan ketika mencari judul.
Mungkin ada teman yang ikut berbahagia ketika judul kita di acc, atau ada juga yang termotivasi, tapi tidak bisa disangkal juga, ada yang tidak suka, atau ada juga yang sedih, karena belum punya satu pun judul.
My dear friends... sekali lagi, kukatakan. Ini hal sensitif sekali. Karena penentu selesai tidaknya kuliah kita di tahun yang sama bersama teman-teman seangkatan. Tentu saja kita semua ingin bersama-sama menyelesaikan studi S1 ini. Maka dari itu, yuk sama-sama berdoa, berusaha, bertanya, dan sharing dengan teman-teman atau siapapun yang lebih paham tentang ini.
Hilangkan pikiran-pikiran negatif yang ada. Karena bisa menghambat kita untuk berpikir positif, bahkan untuk mencari judul.
Tetap berusaha, tetap bersemangat, rajin browsing, rajin ke perpus.. dan satu hal lagi, bentuk kelompok sejak jauh-jauh hari untuk saling mengingatkan dan menyemangati. Seperti yang dicanangkan oleh teman-teman kelasku. Program ini dibentuk sekitar bulan desember akhir/ januari awal, aku lupa tepatnya. Program sukses bersama ini diberi nama “Let’s Graduate Together (LGT)” hal ini hanya inisiatif kami agar bisa saling menyemangati dan membantu ketika ada teman-teman yang down atau ada yang kesulitan. Khususnya lingkup teman-teman kelas. Harapannya bisa menyemangati kelas lain juga, yang pasti harapannya satu angkatan graduate together.
Dari hari ke hari kita terus mencari bahan untuk judul, setiap seminggu sekali kumpul untuk sharing judul yang sudah ditemukan. Dan alhamdulillaah, program seminggu sekali ini berjalan lancar, meski tidak semua bisa hadir, karena memang bulan januari-februari bertepatan dengan program magang (praktek ngajar di sekolah), sehingga banyak teman-teman yang bentrok jadwalnya. Memang ini agak menghambat pertemuan kami. Sedangkan harapan kami, ketika waktunya mengajukan judul, kita semua hadir dan siap dengan judul masing-masing.
Meski begitu, pada hari ini ketika pengajuan judul, teman-teman kelas ada yang tidak hadir.. 
Sediih... karena mungkin ada hambatan yang harus beberapa teman hadapi.. sehingga tidak bisa mengajukan hari ini.
Semoga Allah selalu mempermudah langkah kita, usaha kita, mendengar setiap doa kita sehingga keinginan kita untuk lulus bersama tahun ini dapat tercapai. Aamiin...






    Sumber gambar : https://twitter.com/deealchazin 


ditulis pada hari Sabtu, 21 Februari 2015

Tidak ada komentar: